CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN, PADUKUHAN PUTAT WETAN LAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

24 Maret 2020 00:52:23 WIB

PUTAT (SIDA) – Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona disease (COVID-19) di lingkungan, RT 029 Padukuhan Putat Wetan melakukan penyemprotan disinfektan sejak Sabtu (21/03/2020) lalu. Kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan di lingkungan RT 029 Padukuhan Putat Wetan dengan durasi kurang lebih 1 jam, dari pukul 18:00WIB – 19:00WIB.

Kegiatan ini merupakan inisiasi warga masyarakat RT 029 Padukuhan Putat Wetan yang mulai aware dengan bahaya atau dampak dari penyebaran COVID-19 yang kemudian difasilitasi oleh Juni Putra Nugraha, SIP, yang merupakan salah satu anggota TRC BPBD DIY.

Prioritas utama penyemprotan disinfektan ini adalah fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat seperti pos ronda, masjid Sulaiman, kursi-kursi dan meja yang ada di taman atau selasar, area kampus II SMK Muhammadiyah 1 Patuk, jalan pemukiman warga sampai dengan area perumahan warga RT 029 Padukuhan Putat Wetan.

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini merupakan upaya masyarakat RT 029 dalam rangka mitigasi penyebaran COVID-19 di lingkungan RT 029 Padukuhan Putat Wetan.

Tahap persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan penyemprotan cukup sederhana, yakni mengosongkan area atau kawasan yang akan disemprot disinfektan. Karena penyemprotan disinfektan dilakukan saat malam hari, maka pengosongan area atau kawasan ini menjadi lebih mudah. Selain itu aktifitas di sekitar kawasan juga harus dihentikan sementara.

Pada saat penyemprotan pun petugas memakai APD (Alat Pelindung Diri) seperti masker, kacamata, dan sarung tangan. Kemudian setelah penyemprotan harus menunggu sekitar 15 menit untuk proses penguapan alcohol yang menempel pada permukaan.

Selain itu Juni Putra Nugraha, SIP juga menambahkan dalam rangka mitigasi penyebaran COVID-19 diharapkan masyarakat dapat rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengurangi berkerumun dengan orang-orang, jika harus berpergian jauh bisa menggunakan masker, sedia handsanitizer, menjaga kebersihan dan menjaga pola makan, serta konsumsi vitamin. Juni berharap semoga dengan adanya upaya pencegahan ini masyarkat Padukuhan Putat Wetan dan masyarakat Desa Putat pada umumnya dapat terbebas dari ancaman virus corona.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT