TIDAK ABAI TAPI JANGAN LEBAI

wahyun 19 Maret 2020 13:56:32 WIB

Putat (SIDA) – Rabu (18/03/2020) Kecamatan Patuk menyelenggarakan acara sosialisasi dan evaluasi UMKM. Acara tersebut dihadiri oleh kepala seksi pelayanan dan kepala sekdi perencanaan serta tiga pelaku UMKM dari seluruh desa di Kecamatan Patuk. Camat Patuk memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan perihal seputar Covid 19 yang akhir-akhir ini menjadi hal yang mengkhawatirkan masyarakat. Dengan adanya penjelasan yang disampiakan oleh Dr. Emil dari Puskesmas Patuk II ini diharapkan masyarakat tidak panic namun juga tetap mewaspadai penyakit yang terus menelan korban dari hari ke hari.

Dalam materinya Dr. Emil menyampaikan bahwa corona ini sebenarnya mirip dengan penyakit influenza. Gejalanya pun hamper sama. Tubuh manusia yang terinfeksi pun akan merespon dengan membangun imunitas untuk melawan virus ini jika telah masuk ke dalam tubuh sehingga sebenarnya tubuh akan sembuh dengan sendirinya. Namun demikian dikarenakan virus ini menyerang saluran pernafasan yang dapat menyebabkan gagal nafas sehingga dapat memakan korban jiwa dan penularannya dapat terjadi dengan cara yang relative mudah, kita harus waspada. Jangan sampai penyebaran virus tidak terkendali dan memakan lebih banyak korban.

Gejala awal yang akan dirasakan ketika terinfeksi Covid 19 adalah:

  1. Demam
  2. Lemas
  3. Batuk kering
  4. Sesak nafas

Jika muncul gejala-gejala tersebut terlebih lagi ada riwayat perjalanan / kontak dengan orang dari negraa atau aderah terjangkit dalam kurun waktu 14 hari sebelum timbul gejala maka harus segera periksa ke fasilitas kesehatan (Puskesmas atau rumah sakit) dan menimimalisir interaksi dengan orang-orang sekitar.

 

Untuk pencegahan penyakit ini Dr. Emil menambahkan tips yang dapat dilakukan agar terhindar dari apparan virus yang telah menggemparkan dunia tersebut. Adapun yang harus dilakukan adalah:

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand rub berbahan alcohol.
  2. Tutupi hidung dan mulut dengan tisu atau lengan saat bersin.
  3. Selalu masak daging dan telur hingga matang sebelum mengkonsumsinya.
  4. Jangan melakukan kontak langsung dengan hewan liar atau ternak.
  5. Tingkatkan imunitas tubuh dengan gerakan masyarakat hidup sehat (makan cukup, istirahat cukup, dan makan makanan gizi seimbang)
  6. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Pada akhir materinya Dr. Emil menegaskan bahwa hendaknya kita waspada. Namun demikian juga jangan terlalu takut dan panic yang akhirnya malah membuat pikiran stress sehingga mempengaruhi imun tubuh. “Tidak lalai tapi jangan lebai,” tegasnya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT