BIMTEK KADES, ISNPEKTUR SAMPAIKAN LIMA PERTAHANAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DESA

Tari 12 Februari 2020 10:39:09 WIB

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Sejumlah kepala desa baru hasil Pilkades serentak tahun 2019 mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di lantai 3 gedung Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBM&D) Kabupaten Gunungkidul, Selasa (11/02/2020).

Berbagai materi disampaikan oleh Inspektur Daerah Kabupaten Gunungkidul, Sujarwo. Materi yang disampaikan meliputi lima pertahanan akuntabilitas pemerintah desa. Kelima hal tersebut secara berurutan meliputi pengendalian internal, Binwas camat dan DP3AKBM&D, Inspektorat (auditor internal), BPK (auditor ekternal), lalu kepolisian dan kejaksaan.

Sujarwo menekankan, sebagai kepala desa diharapkan bisa melaksanakan pengendalian internal. Permasalahan yang timbul diharapkan bisa diselesaikan di tingkat desa.

"Sebagian besar masalah yang timbul karena pengaduan masyarakat. Konflik-konflik internal desa memicu pengaduan hingga pelaporan oleh masyarakat," kata Sujarwo kepada puluhan kepala desa yang hadir.

Dalam akhir pertemuan, Sujarwo kembali menyampaikan Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul selain melakukan kegiatan audit dan monitoring, juga membuka layanan konsultasi, sosialisasi dan asistensi. 

Kepala Desa diharap memanfaatkan fasilitas tersebut, sehingga dalam menjalankan kegiatan pemerintahan tidak terjadi kesalahan berujung kasus hukum.

 

Sumber : https://gunungkidul.sorot.co/berita-101057-bimtek-kades-inspektur-sampaikan-lima-pertahanan-akuntabilitas-pemerintah-desa.html

Dokumen Lampiran : BIMTEK KADES, ISNPEKTUR SAMPAIKAN LIMA PERTAHANAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DESA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT