Desa SIAGA Putat, dimonitoring oleh Tim Kabupaten Gunungkidul

16 November 2016 01:38:31 WIB

Selasa, 25 Oktober 2016 yang lalu, Desa SIAGA Putat menerima kunjungan dari Tim Monitoring dan Evaluasi Desa SIAGA Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Desa Putat beserta Perangkat Desa Putat, Pengurus Desa SIAGA Putat, Kader Desa serta Pegawai UPT Puskesmas Patuk II selaku pengampu wilayah kesehatan di Desa Putat.

Pada kesempatan itu, Juni Putra Nugaraha selaku Ketua Desa SIAGA Putat yang melekat pada jabatannya sebagai Kabag. Kesra Desa Putat menyampaikan paparan mengenai jalannya program kesehatan dari APBDes tahun 2015 dan 2016. Selain dari paparan tersebut, Tim juga disediakan Buku Profil yang menggambarkan kegiatan dari tahun 2014, sehingga dapat dilihat peningkatan anggaran dari tahun ke tahun yang hasilnya menuai pujian dari Tim tersebut.

Adapun anggaran yang dialokasikan Pemerintah Desa Putat guna menunjang program kesehatan Desa SIAGA Putat adalah Honor Kader, Program Jambanisasi bagi RTM, PMT Balita serta operasional lembaga Desa SIAGA yang mencapai puluhan juta rupiah. “Setelah diprosentase oleh salah satu Tim yaitu Prayitno dari BAPPEDA Kabupaten Gunungkidul, alokasinya mencapai 6% dari APBDes Tahun 2016 ini setelah dikurangu Siltap Perangkat Desa dan Dana Desa dari APBN.” Jelas Juni.

Selain anggaran tersebut, dukungan masyarakat juga sangat bagus yaitu adanya Daftar Donor Darah, Ambulan Desa serta Dana Sosial yang dihimpun secara suka rela oleh masyarakat menjadi nilai tambah bagi Desa SIAGA Putat. “Kami tidak bekerja untuk meraih prestasi, tapi tujuan kami adalah melayani masyarakat. Soal hasil dari evaluasi dan monitoring ini bukanlah tujuan kami, tetapi itu adalah ketentuan yang harus kami lakukan.” Juni menambahkan.

Pihak UPT Puskesmas Patuk II selaku pengampu wilayah Desa Putat juga sangat berperan dalam kegiatan ini. Segala bentuk dukungan juga diberikan, baik tenaga, pikiran maupun anggaran dalam pelaksanaan kegiatan di Desa Putat. “Saya sangat bersyukur, teman-teman petugas dari UPT Puskesmas Patuk II sangat kooperatif, ramah, diskusi dimanapun dengan media apapaun sangat baik, semacam tidak ada sekat dari kami, yang mana Perangkat Desa, yang mana Kader yang mana Pegawai Puskesmas, semuanya menyatu berbaur. Luar biasa pokonya pelayanan dari Puskesmas Patuk II itu.” Puji Juni mengakhiri komentarnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT