CURAH HUJAN TAK MENENTU, PETANI DIHIMBAU WASPADA URET

Tari 30 Januari 2020 17:52:56 WIB

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Memasuki musim penghujan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menghimbau kepada petani agar mewaspadai berbagai hama tanaman padi yang bisa saja muncul setiap saat.

Terlebih pada musim kali ini curah hujan tidak begitu ajeg sehingga membuat para petani cemas. Apabila hujan tidak berlangsung terus-menerus, maka lahan padi berpotensi terserang hama uret.

Kalau hujannya terus, akan relatif aman dari uret. Karena uret bisa mati di genangan air. Tapi kalau misal sekarang hujan, terus besok terang, begitu terus, ya perlu waspada uret,” kata Raharjo Yuwono, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Rabu (29/01/2020).

Selain hama uret, tanaman padi juga rawan terserang penyakit lain seperti penggerek batang dan kresek. Kresek sendiri penyakit yang menyerang tanaman padi disebabkan bakteri Xanthomonas. Penyakit ini biasanya menyerang pada awal pertumbuhan, sehingga mengakibatkan tanaman padi menjadi layu dan mati. 

Kalau bulan Januari 2020 ini misalkan ada laporan serangan hama, masih spot-spot kecil dan masih relatif aman,” kata Raharjo.

Diutarakan, hal yang tak jauh berbeda juga terjadi akhir tahun 2019 kemarin. Berdasarkan data laporan bulan Desember 2019 tidak terdapat banyak Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Kendati demikian beberapa laporan gangguan hama di sejumlah wilayah sudah bisa ditangani.

Penggerek batang pada Desember 2019 kemarin ada laporan di wilayah Ponjong 2 hektar, sudah bisa dikendalikan dan sembuh. Kemudian yang terserang Kresek ada 4 hektar di wilayah Playen, Ponjong dan Patuk, juga sudah dikendalikan,” tandasnya.
https://gunungkidul.sorot.co/berita-100985-curah-hujan-tak-menentu-petani-dihimbau-waspada-uret.html

Dokumen Lampiran : CURAH HUJAN TAK MENENTU, PETANI DIHIMBAU WASPADA URET


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT