Gelar Budaya Desa Putat 2016

16 November 2016 01:36:16 WIB

Jumat 21 Oktober 2016 yang lalu, pada pukul 19.30 WIB bertempat di pendopo Balai Desa Putat, Sukardi selaku Kepala Desa Putat secara resmi membuka Gelar Budaya Desa Putat Tahun 2016. Disaksikan ratusan masyarakat Sukardi menuturkan bahwa Gelar Potensi Budaya Desa Putat pada tahun ini dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini mengingat berkembangnya makna kebudayaan sesuai dengan amanah dari Dinas Kebudayaan DIY, bahwa upacara tradisi, jajanan atau pangan olahan, bangunan rumah juga merupakan bagian dari kebudayaan sehingga potensi unggulan juga disediakan untuk masyarakat.

Gelar Budaya tahun ini dilaksanakan selama 2 malam yang dimulai pada jumat malam dan berakhir pada malam minggu. “Sejatinya akan dilaksanakan selama 2 malam 1 hari, tapi ada kendala dari kelompok kesenian Jathilan yang ternyata sudah lama vakum. Ini menjadi PR buat Pemerintah Desa Putat dalam melestarikannya melalui Pengurus Desa Budaya di Putat” kata Juni selaku penanggung jawab kegiatan.

Pada malam pertama, kelompok kesenian yang ditampilkan adalah Karawitan Pemudi Tunas Harapan dari Padukuhan Putat Wetan, dilanjutkan dengan Karawitan Ibu-ibu Marsudi Rini Desa Putat, Tari Kuda Lumping dari Padukuhan Batur, dilanjutkan Karawitan Bapak-bapak Kenaka Laras Desa Putat sekaligus mengiringi pentas Ande-ande Lumut Ringin Budaya dari Padukuhan Kepil serta diakhiri pentas Kethoprak Ringin Budaya Desa Putat.

Pada malam kedua, kesenian yang ditampilkan adalah Tari anak-anak dari Sanggar Seni Diah Nuri dari Padukuhan Plumbungan, Gejog Lesung Gumawang Gumregah dari Padukuhan Gumawang, Reog Budaya Manunggal Budaya dari Padukuhan Batur serta diakhiri dengan pentas Campursari Ringkes Djoen’s Entertainment.

Anggaran yang digunakan sebesar  Rp. 15.700.000 berasal dari APBD Desa TA 2016 dan akan dilanjutkan 2 tahun mendatang. Hal ini dikarenakan even Gelar Budaya merupakan agenda rutin Desa Putat setiap 2 tahun sekali, dan tahun berikutnya merupakan Gelar Budaya Islami yang berupa Festival Sholawat Nabi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT