MENGENAL PUSKESOS SABARA

wahyun 08 Januari 2020 11:57:29 WIB

Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Sabara merupakan  salah satu lembaga program Kementerian Sosial Republik Indonesia penumbuhan tahun 2019. Sekretariat lembaga ini terletak di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Di Kabupaten Gunungkidul yang merupakan salah satu dari 20 Kota/Kabupaten penumbuhan SLRT tahun 2019 terdapat dua desa percontohan penyelenggara Puskesos, yaitu Desa Tepus Kecamatan Tepus dan Desa Putat Kecamatan Patuk.   Puskesos di Desa Putat diberi nama SABARA yang merupakan kependekan dari harapan semua pihak yaitu sabar, barokah, dan sejahtera. Lembaga ini terbentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa No 42 tahun 2019 tertanggal 12 Desember 2019.

  1. VISI

MEWUJUDKAN PUSKESOS SABARA SEBAGAI SOLUSI MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DENGAN MENJADI PENGHUBUNG MASYARAKAT DAN PEMERINTAH

 

  1. MISI
  • Menjadi tempat mengadu dan mencari solusi bagi masyarakat yang bermasalah dengan kesejahteraan social
  • Menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan
  • Memperbarui data kemiskinan dengan mengetahui spesifik masalah di tengah masyarakat
  1. Program Puskesos Sabara

Dalam mewujudkan visi dan misinya, Puskesos Sabara memiliki beberapa program yang dapat diakses oleh masyarakat. Program-program ini dimaksudkan agar Puskesos Sabara dapat intensif berinteraksi dengan masyarakat sehingga dapat lebih dikenal dan menjadi rujukan ketika masyarakat memiliki permaslahan sosial. Adapun program-program tersebut adalah:

  1. JD (Jemput Difable)

Di Desa Putat terdapat sebuah organisasi penyandang disabilitas yang aktif mengadakan pertemuan rutin bulanan untuk pengurus dan empat bulanan untuk seluruh anggota. Puskesos mempunyai program untuk mengantar jemput anggota disabilitas yang terkendala mobilitas ketika akan menghadiri pertemuan ini.

  1. RC (Ready for Coming)

Puskesos Sabara mempunyai program jemput bola ke masyarakat yang diinfokan mengalami masalah kesejahteraan sosial.

  1. RP (Report by Phone)

Puskesos Sabara juga memmanfaatkan perkembangan teknologi dengan pelaporan menggunakan media telepon sehingga masyarakat tidak harus mengunjungi sekretariat langsung ketika ingin mengakses pelayanan Puskesos Sabara.

Dokumen Lampiran : MENGENAL PUSKESOS SABARA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT