DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DAN SERVIKS DENGAN IVA

wahyun 04 Januari 2020 05:29:35 WIB

Putat (SIDA)-Dalam rangka deteksi dan penanganan dini terhadap penyakit kanker payudara dan leher rahim, Puskesmas Patuk II mengadakan program screening tes IVA pada Jumat (3/01/2020) dan Jumat lalu(28/12/2019) di Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) Desa Putat.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 ibu-ibu dengan pembagian kuota 10 di Jumat pertama dan 10 lainnya di Jumat kedua di bawah penanganan bidan Siti Rahmawati. Dengan adanya program ini diharapkan dapat mendeteksi dan mengatasi sedini mungkin jika ada wanita di Desa Putat yang terjangkit penyakit yang merupakan penyumbang terbesar angka kematian wanita di Indonesia ini.

Dari hasil pemeriksaan ini akan ada observasi lebih lanjut jika ditemukan hal yang wajar di payudara ataupun tes IVA positif. Kepala Seksi Pelayanan Desa Putat, Sri Wahyuni, yang dalam kesempatan ini juga turut mengikuti tes ini berterima kasih kepala Puskesmas Patuk II karena bersedia turun ke masyarakat untuk mengajak ibu-ibu di Desa Putat mengikuti tes ini. “Alhamdulillah Puskesmas ada program screening, karena ibu-ibu masih banyak yang belum menganggap penting tes ini,” ujarnya.

Setelah program ini diharapkan ibu-ibu yang belum pernah atau sudah pernah namun lima tahun yang lalu atau lebih dapat melakukan tes ini langsung ke Puskesmas Patuk II setiap hari Jumat. Gratis untuk pemegang kartu BPJS. [YN]  

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT