WASPADA DI JALAN SAAT MUSIM LIBURAN

wahyun 02 Januari 2020 14:50:03 WIB

Putat (SIDA) – Hari Senin lalu (30 Desember 2019) Putat berduka karena salah satu warganya meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi Hari Minggu (29 Desember 2019) di wilayah Purworejo. Minibus berpenumpang 15 orang warga Padukuhan Gumawang yang masih satu keluarga tersebut berniat menjenguk saudara yang sedang sakit di Cilacap sekaligus memanfaatkan kebersamaan untuk liburan. Namun naas, satu nyawa warga Desa Putat harus melayang karena kendaraan yang ditumpanginya oleng dan beradu kepala dengan pick up yang melaju di arah yang berlawanan.

Peristiwa ini adalah satu satu dari sekian banyak kecelakaan yang terjadi di waktu liburan. Liburan anak-anak sekolah, perayaan Natal, dan tahun baru menjadi moment istimewa berkumpulnya keluarga dan mayoritas keluarga mengisinya dengan mengunjungi objek wisata bersama. Hal ini menjadi sebab macetnya jalanan di Kabupaten Gunungkidul, daerah yang kaya objek wisata. Tentu saja kondisi ini juga menjadi salah satu faktor meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas.

Dalam kesempatan ini, redaksi akan membagi tips menyiapkan perjalanan wisata agar pembaca dapat berlibur dengan aman dan selamat di jalan.

Pastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk berwisata dalam kondisi baik. Cek kendaraan di bengkel adalah keputusan tepat sebelum wisatawan melakukan perjalanan wisatanya. Kendaraan yang sehat akan meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan rem blong, rantai putus, mesin mati, dan maslaah teknis lainnya.

Kondisi kendaraan yang fit harus dibarengi dengan kondisi sopir yang fit juga. Pastikan mengendarai kendaraan dalam kondisi sehat dan tidak mengantuk. Jaga kesehatan dan stamina, serta cukupkan jam tidur sebelum melakukan perjalanan wisata.

Yang terkahir adalah senantiasa waspada dan hati-hati di jalan. Jangan berambisi untuk segera sampai ke objek wisata tanpa memperhatikan kondisi di jalan raya. Terutama untuk kendaraan bermotor, mlipir-mlipir di sela kendaraan besar tidak masalah asal jangan nekat tanpa perhitungan.[YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT