PENINGKATAN KAPASITAS BUMDES PUTAT, INSPIRASI DARI PANGGUNGHARJO

wahyun 29 Desember 2019 03:43:26 WIB

Putat (SIDA)- Maju tidaknya pengelolaan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) bukan hanya tanggung jawab pengurus dan karyawan BUMDES saja melainkan tanggung jawab bersama pemerintah desa dan perangkatnya. Hal ini dikarenakan BUMDES adalah usaha bersama, dikelola bersama, dikembangkan bersama, dan untuk kemajuan bersama. Bersama dan bersinergi antara pengelola, pemerintah, dan masyarakat. Atas dasar inilah Pemerintah Desa Putat menyelenggarakan program peningkatan kapasitas pengelolaan BUMDES dengan melakukan studi tiru di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul pada Sabtu (28/12/2019).

Kunjungan yang dijadwalkan pagi hingga siang hari ini diikuti oleh seluruh perangkat desa dan para dukuh,Ketua BPD, pengelola BUMDES Samara, dan ketua lembaga-lembaga desa. Rombongan  sejumlah 25 orang ini berangkat dari balai desa Putat pada pukul 08.00 WIB dan tiba di lokasi Kampung Mataraman pukul 09.00 WIB.

Rombongan diterima langsung oleh Lurah Desa Panggungharjo, Wahyudi  . Dalam presentasinya Lurah yang mrupakan sarjana farmasi sekaligus apoteker ini memamaparkan banyak hal seputar Desa Panggungharjo dan BUMDES-nya yang mampu menghasilkan pendapatan asli desa hingga capaian 10 miliaran rupiah.  Pendapatan yang fantastis ini didapatkan dari keberhasilan lurah muda ini dalam usaha pengelolaan sampah dan produksi minyak nyamplung yang merupakan komoditi perdagangan internasional.Usaha kreatif dan inovatif desa ini berhasil membawa Desa Panggungharjo menjadi desa berprestasi nasional sejak tahun 2013.

Banyak hal menginspirasi yang didapat Pemerintah Desa Putat dan pengelola BUMDES dalam kunjungan kali ini. “Semoga tidak hanya balsem nggih. Panas sesaat tapi setelah keluar dari ruangan ini menguap,” seloroh lurah yang berpenampilan sederhana ini di penghujung presentasinya dan disambut tawa para peserta.[YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT