SIAGA BENCANA, PRB PUTAT ADAKAN SOSIALISASI MITIGASI BENCANA

wahyun 26 Desember 2019 00:11:20 WIB

Putat (SIDA) – Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Prinsip ini juga terterapkan dalam dunia kebencanaan. Sebelum bencana benar-benar terjadi alangkah sangat lebih baik bencana tersebut dicegah jangan sampai terjadi. Atas dasar ini di awal musim penghujam akhir tahun 2019 FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) Desa Putat mengadakan acara sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat. Acara ini dilaksanakan Sabtu (14 Desember 2019) di kawasan Joglo Batur pada siang hari pukul 13.00 WIB.

Acara yang berlangsung di tengah guyuran hujan ini dihadiri hampir lengkap oleh seluruh elemen di Desa Putat yaitu Kepala Desa Putat, Perangkat Desa Putat, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, para Dukuh, Kader, dan tokoh masayarakat lainnya.

Sebagai narasumber dalam acara yang diselenggarakan PRB Desa Putat secara mandiri ini adalah Agus, warga Padukuhan Gumawang Desa Putat yang sekaligus pegawai BPBD Kabupaten Gunungkidul dan Juni Putra Nugraha, SIP. yang juga merupakan warga Padukuhan Putat Wetan Desa Putat yang sekaligus pegawai TRC Yogyakarta. Dalam materinya Agus menyampaikan tentang mitigasi bencana. Sedangkan narasumber kedua menyampaikan tentang assasment kebencanaan.

Dalam akhir materinya, Juni Putra Nugraha, SIP. menyampaikan bahwa para dukuh perlu memetakan titik-titik yang berpotensi terjadi bencana di setiap wialayahnya. Hal ini dapat merupakan upaya mitigasi dengan harapan jangan sampai bencana benar-benar terjadi dengan kita mencegahnya terlebih dahulu. “Peta potensi bencana harus dibuat di setiap padukuhan,” tegasnya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT