PELATIHAN MANAJEMEN BUMDES DI DP3AKBPMD

Tari 25 Oktober 2019 09:50:27 WIB

Putat (SIDA) – BUMDes Suka Makmur Sejahtera Putat mendapat pelatihan manajemen di Kantor DP3AKBPMD selama 3 (hari). Acara diselenggarakan Selasa - Kamis tepatnya pada 22-24 Oktober 2019. Acara tersebut diikuti oleh 11 BUMDes yang ada di Kecamatan Patuk.

Hari Pertama pelatihan mengenai Manajemen Pengelolaan BUMDesa dan Peran BUMDesa dalam pemberdayaan Masyarakat oleh Riyanigsih dari Balai Pemerintahan Desa Yogyakarta. Pemateri menekankan mengenai landasan hukum yang menyatakan mengenai keberadaan BUMDesa. Ia juga menyampaikan apa saja yang boleh dilakukan oleh BUMDesa.

Hari kedua pelatihan membahas mengenai Peran BUMDesa dalam meraih PADes dan Metode Pemilihan Unit BUMDesa yang tepat dari TA P3MD Bidang Pengembangan Ekonomi Desa. Pemateri membantu dalam menentukan unit usaha yang sesuai dengan potensi yang dimiliki desa masing-masing. 

Dihari ketiga atau hari terakhir pelatihan mengenai Peran BUMDesa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal desa dari Ton Martono Direktur BUMDes Karangrejek Wonosari dan Strategis Pengembangan BUMDes dari Direktur BUMDes Panggungharjo. Kedua pemateri tersebut sama-sama menyampaikan pengalaman serta cara mereka membangun dan memajukan desa mereka. Tentu saja jalan mereka meraih itu semua tidaklah mulus.

"Bahkan kami pernah gagal lima kali tapi itu tidak mengendurkan semangat kami untuk mencoba," ungkap Ton Martono.

Diharapkan BUMDes bisa lebih maju dan berkembang lagi seperti BUMDes lainnya yang bisa memberikan PADes Ratusan juta rupiah dan bisa mensejahterakan masyarakat, menciptakan pekerjaan dan pemberdayaan bagi masyarakat yangada di Desa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT