BIMTEK SLRT DAN PUSKESSOS, PUTAT SALAH SATU DARI 50 DESA TERPILIH

22 Oktober 2019 17:39:51 WIB

PUTAT (SID) – Desa Putat pada 16 – 17 Oktober 2019 mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Layanan dan Rujukan (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul. Acara ini diadakan selama 2 hari bertempat di Ruang Rapat 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu atau biasa disingkat dengan SLRT merupakan sistem yang membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin, kemudian menghubungkan mereka dengan program dan layanan yang dikelola oleh pemerintah (Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota) dan non pemerintah sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu SLRT juga membantu mengidentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin, melakukan rujukan, dan memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik. Sedangkan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) merupakan lembaga yang menangani tentang SLRT, yang berkedudukan di Kelurahan.

Bimtek ini dihadiri oleh 50 desa terpilih se – Kabupaten Gunungkidul, salah satunya yakni dari Desa Putat. 50 desa ini terdiri dari 48 fasilitator Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT), dan 2 desa yakni Desa Putat dan Desa Tepus sebagai Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos).

Pada Bimtek ini juga diserahkan tablet khusus sebagai salah satu fasilitas yang diberikan oleh Kementerian Sosial untuk para fasilitator SLRT, serta 2 unit PC untuk 2 Puskesos di Kabupaten Gunungkidul. Harapannya setelah diadakannya SLRT dan Puskesos maka keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin khususnya di Kabupaten Gunungkidul akan tertangani dengan cepat lewat satu pintu yakni SLRT dan Puskesos.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT