STUDY TIRU DESA DUDA TIMUR, DESA PERTAMA BERBASIS IT

wahyun 01 Oktober 2019 13:23:27 WIB

Putat (SIDA) – Dalam rangka peningkatan kapasitas pemerintah desa dalam pengelolaan desa, Dinas Perlindungan Perempuan Pemberdayaan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKPB dan D) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan bimbingan teknis Manajemen Pemerintahan Desa. Acara yang dihadiri seluruh Kepala Desa di Kabupaten Gunungkidul ini dilaksanakan di rumah makan Jodhang Jawa, Karangrejek, Wonosari selama dua hari yaitu 25 dan 26 September 2019.

Setelah bimtek selesai acara dilanjutkan dengan study tiru ke Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Propinsi Bali. Desa ini menjadi desa percontohan karena merupakan desa yang pertama kali mengaplikasikan perkembangan IT dalam manajemen desa dan warganya. Desa ini mendapatkan rekor dari MURI karena membuat aplikasi data base penduduk berdasarkan golongan darah. Dengan aplikasi ini jika ada masayarakat yang sewaktu-waktu membutuhkan darah, maka dapat diketahui warga dengan golongan darah sama yang terletak di posisi terdekat.

Selain itu aplikasi yang bisa dicontoh oleh desa-desa lain ini dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dan penyebaran informasi. Penduduk juga diberi kemudahan meminta surat-surat administratif yang dibutuhkan hanya dengan mengakses applikasi ini. Desa yang dikepalai oleh I Gede Pawana, S.Ag., M.Fil.H. ini telah memiliki tanda tangan digital sehingga warga tidak perlu datang langsung ke balai desa untuk mendapatkan surat yang mereka butuhkan.

Dengan kegiatan study tiru ini diharapkan desa-desa di Kabupaten Gunungkidul terinspirasi dan bersemangat untuk mencapai kemajuan serupa. Kepala Desa Duda Timur menyatakan bahwa siap membantu jika ada desa yang juga ingin mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan dengan berbasis IT. “Kami siap membantu jika ada desa yang menghendaki membuat aplikasi seperti yang telah kami terapkan,” cetusnya. [YN]

 

 
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT