3 ACUAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

KALURAHAN PUTAT 11 September 2016 21:48:06 WIB

 

Pemirsa yang di rahmati Allah..
Dalam setiap kegiatan berkonteks kepentingan masyarakat, demi kemajuan daerah, dan apapun yang muaranya untuk kemaslahatan bersama, ada 3 target/capaian indikator yang wajib dipenuhi dan menjadi asas mulai dari perencanaan hingga timbangan evaluasi.
Pertama : CAPAIAN FISIK ; Ini jelas, karena sarana dan prasarana yang berwujud dan berbentuk masih diyakini menjadi tampilan terdepan pada setiap dinding - dinding perubahan status kemajuan pembangunan (sebenarnya ini tidak sepenuhnya betul, mengenai hal ini akan saya ulas di sesi lain).
Kedua : CAPAIAN ADMINISTRASI ; Ini juga harus terpenuhi ; akuntabilitas serta transparansi sebuah pengelolaan tulis menulis catat mencatat ini memegang kendali penting, yang salah satu manfaat rentetannya adalah terbentuknya kepercayaan antara pengguna program dengan pengelola, dalam hal ini antara masyarakat dengan pemerintah/negara, disamping manfaat - manfaat hebat yang lain.
Ketiga : CAPAIAN SOSIAL ; Syarat ini yang sering dilupakan (atau sengaja di abaikan) oleh perencana, penggagas program, ataupun konsultant kegiatan.
Kita lupa bahwa point terakhir juga memegang peran krusial walaupun target ini bias dan tidak bisa diukur dengan angka, namun justru terkandung denyut - denyut indikator klimak sebuah kegiatan ( point ini menarik, akan saya perjelas di sesi berikutnya)
Pemirsa, sederhana memang, tapi ketika salah satu dari point diatas terabaikan, masyarakat akan terciderai..buktikan...

Salam membangun desa#Agus Rianto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT