IBU KOTA INDONESIA PINDAH, MALAYSIA BIDIK PELUANG BISNIS BARU

28 Agustus 2019 01:39:31 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia antusias dengan keputusan pemerintah Indonesia untuk memindahkan ibu kota ke Penajam dan Kutai Kertanegara karena wilayah di Kalimantan Timur itu sangat dekat dengan Sabah dan Serawak. Mereka pun mulai membidik potensi bisnis baru.

Kepala Menteri Sabah dan Serawak, Shafie Apdal, pemindahan ibu kota ini akan sangat menguntungkan karena saat ini Sabah sedang memperkuat aturan perdagangan barter dalam kegiatan-kegiatan kerja sama di Kalimantan dan Mindanao, Filipina.

Shafie sendiri telah menyetujui 43 lisensi di zona perdagangan barter Sabah di Kudat, Tawau, dan Sandakan.

Dalam peraturan tersebut, batasan jumlah barter tidak ditentukan dan jenis barang yang diperdagangkan juga harus dicatat dan diumumkan. Petugas keamanan akan disiagakan untuk memastikan perdagangan berjalan dengan aman.


Tak hanya ekonomi, kegiatan barter semacam ini juga dapat menjadi arena pertukaran kebudayaan Sabah, Serawak, dan Kalimantan.

Shafie yakin kerja sama ini akan maju seiring dengan perkembangan Kaltim yang tentu akan semakin pesat setelah menjadi ibu kota baru.

"Saya yakin keputusan mereka akan bermanfaat bagi wilayah ini, terutama Sabah dan Sarawak. Sebagai pusat ekonomi, mereka bisa membuat dampak ekonomi yang besar," ucap Kepala Menteri Sabah dan Serawak, Shafie Apdal.



Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Penajam dan Kutai Kertanegara melalui pidato pada Senin (26/8).

Berdasarkan laporan Nikkei Asian Review, dua wilayah tersebut berlokasi di daerah hutan yang dimiliki pemerintah dan jarang terjadi bencana alam seperti gempa bumi, erupsi gunung berapi, dan banjir. Shafie pun kian yakin dengan potensi bisnis di sana. (fls/has)

 

sumber: www.cnnindonesia.com

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT