KAMPANYE KESELAMATAN LALU LINTAS DAN AMGKUTAN JALAN TAHUN 2019

Tari 24 Juli 2019 11:13:06 WIB

Putat (SIDA) – Rabu 24 Juli 2019 di Balai Desa Putat diadakan Kampanye Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2019.  Kampanye ini mengambil tema ‘Mari Kita Ciptakan Budaya Disiplin Berlalu Lintas Untuk Menjamin Keselamatan Bersama’. Kampanye ini deselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tujuan diadakan kampanye ini adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat melanggar lalu lintas yang kebanyakan dilakukan oleh anak usia remaja. Angka kecelakaan setiap tahun meningkat karena kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan dalam berkendaraan.

Pemateri menyampaikan agar pengendara menaati rambu lalu lintas dan mengenakan kelengkapan  berkendara sehingga dapat tercipta ketertiban lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan.

Hilangnya konsentrasi karena mabuk merupakan salah faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Sebagai pengguna jalan kita harus mengetahui dengan baik rambu-rambu lalu lintas yang ada. Selalu memakai helm dan pengaman seperti jaket, sepatu dan lainnya untuk menjaga keamanan saat berkendara.

Pemateri juga menyampaikan  mengenai Penyalahgunaan narkoba yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan, hilang konsentrasi hingga hilangnya kesadaran pengendara yang mengkonsumsi narkoba. Selain itu, narkoba dapat merusak otak, gangguan mental sosial, dan gangguan kejiwaan sehingga bila seorang yang ada dalam kondisi seperti ini menggunakan kendaraan di jalan raya akan membahayakan pengendara lain.

Diharapkan masyarakat sadar akan keselamatan saat berkendaran dan mematuhi peraturan yang ada agar selamat saat berkendara. 

Tidak hanya sampai disitu saja, pemateri juga memberi penjelasan mengenai Jasa Raharja. Yang mana tugas Jasa Raharja melindungi keselamatan penumpang saat berkendara. Dasar hukumnya UU no.3, setiap penumpang didalam tiket sudah termasuk iuran jasa raharja dan apabila mengalami kecelakaan akan mendapat santunan dari Pemerintah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT