PELATIHAN PENGELOLAAN HOMESTAY

wahyun 23 Juli 2019 12:26:04 WIB

Putat (SIDA) – Keberadaan homestay wajib di suatu desa wisata. Wisatawan yang berkunjung di desa wisata diharapkan menginap dan menghabiskan waktu liburannya untuk menikmati apa yang disuguhkan oleh desa wisata. Dengan demikian, desa wisata dituntut untuk menyediakan homestay yang layak dan nyaman sehingga memberi kepuasan kepada para pengunjung. Dalam rangka meningkatkan kapabilitas para pengelola homestay inilah, Dinas Pariwisata Propinsi Yogyakarta mengadakan acara pelatihan pengelolaan homestay.

Acara yang diikuti oleh para pengelola homestay dari desa Putat, Nglanggeran, dan Ngoro-oro ini dilaksanakan selama dua hari, Kamis (18/07/2019) dan Jumat (19/07/2019) di Kampung Emas, Plumbungan, Putat. Sebagai pemateri adalah Henry Bramantya dari Pusat Study Pariwisata UGM, Nur Rahmadi dari Forum Komunikasi Homestay Yogyakarta, dan beberapa pelaku homestay yang sudah sukses.

Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa homestay tidak harus mewah tetapi yang penting adalah rapi, bersih, nyaman, dan aman serta yang tidak kalah penting adalah original. Selain itu juga diajarkan kiat-kiat agar pengunjung betah dan kembali lagi untuk menginap lagi di lain kesempatan. “Bahkan ada yang sampai terjalin hubungan kekeluargaan karena saking berkesannya ketika tinggal di homestay,” Ujar Nur Rahmadi, pelaku homestay yang sudah puluhan tahun mengelola homestay di Kampung Batik, Wukirsari ini. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT