DESA MANDIRI BUDAYA, PUTAT IKUTI PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS SDM DAN KELEMBAGAAN

wahyun 25 Juni 2019 09:12:51 WIB

Putat (SIDA) – Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pegiat wisata di Desa Mandiri Budaya Putat, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan acara “Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM dan Kelembagaan”. Kegiatan yang diikuti 80 peserta yang berasal dari 9 padukuhan di Desa Putat ini dilaksanakan selama 3 hari (17 s.d 19 Juni 2019) di Pendopo Mbah Budi (Nglanggeran) selama 2 hari dan diakhiri dengan study banding di Desa Wisata Candirejo, Magelang.

Hari pertama dan kedua pelatihan diisi dengan materi pemetaan potensi yang ada di Desa Putat, khususnya potensi budaya yang dapat diolah menjadi objek wisata. Desa Putat memiliki banyak budaya yang masih dilestarikan oleh masyarakat hingga kini. Setiap padukuhan juga memiliki aset wisata dapat memajukan Desa Putat.

Memasuki hari ketiga pelatihan tersebut, peserta diajak study banding ke Desa Candirejo. Disana peserta dapat mempelajari sistem yang mereka gunakan untuk mengembangkan desanya dalam bidang pariwisata. Konsep yang Candirejo gunakan cukup sederhana namun tertata dengan apik. Mereka berusaha menyuguhkan potensi dari masing-masing padukuhan dan dibuat paket perjalanan wisata sehingga pengunjung dapat merata ke tiap pedukuhannya. Mereka juga berusaha menggandeng warga untuk ikut berpartisipasi melayani wisatawan yang berkunjung, meski bukan tanpa kendala namun mereka terus mengupayakannya melalui Balkondes (Balai Ekonomi Desa).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT