JOGLO COKLAT, LOCAL PRODUCT WITH GLOBAL COMPETITIVE OBJECTIVE

14 Mei 2019 22:58:51 WIB

Putat (SIDA) - JOGLO COKLAT adalah sebuah perusahaan produksi pengolahan kakao berbasis retail dan e-commerce yang berpusat di Padukuhan Gumawang, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Joglo Coklat resmi didirikan pada Februari 2019 yang merupakan kepanjangan tangan dari Kelompok Tani Sido Dadi. “Global Gotong Royong” merupakan prinsip yang ingin digarap oleh Juliyus Wardian sang penggagas berdirinya Joglo Coklat. Padukuhan Gumawang sendiri memiliki potensi kakao yang melimpah namun belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga ini membuka peluang besar bagi masyarakat Padukuhan Gumawang untuk mengolah kakao yang dihasilkan di kebun mereka sendiri menjadi aneka produk olahan yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Hingga kini, Joglo Coklat telah memberdayakan 61 anggota Kelompok Tani dan 12 orang masyarakat sekitar.

Sejarah berdirinya Joglo Coklat ini berawal dari Kelompok Tani Sido Dadi yang telah berdiri kurang lebih 30 tahun, kemudian di tahun 2017 Kelompok Tani SIDO DADI mendapatkan pelatihan dan bantuan mesin pengolahan produk kakao dari Kementrian Pertanian & Dinas Perindag DIY yang kemudian digunakan oleh anggota kelompok untuk mengolah biji kakao menjadi produk olahan coklat. Pada fase awal, jenis produk yang dibuat adalah dodol kakao/ dodol coklat yang telah dirintis sejak 2013 lalu. Tidak hanya puas dengan produk tersebut, tim produksi berinovasi untuk dapat meningkatkan varian produk kakao. Setidaknya, sudah ada 8 jenis produk olahan coklat lainnya meliputi dodol coklat, coklat bubuk, cocoa butter, coklat bar, cocoa nibs, choreng, cocoa compound, dan ampyang coklat.

Produk Joglo Coklat dipasarkan secara offline dan online dengan memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Untuk pemesanan dapat dilakukan dengan Direct Messages Instagram Joglo Coklat atau Whatsapp di nomor 085959182116. Layanan cash on delivery  untuk area Putat juga diberikan kepada pelanggan agar memudahkan pelanggan dalam bertransaksi. Produk Joglo Coklat dikemas dengan apik menggunakan kemasan premium sehingga tak kalah menarik dengan produk – produk coklat yang telah beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, mulai dari Rp 10.000,- sampai dengan Rp 50.000,-.

“Harapan kedepannya, semoga Joglo Coklat mampu menyajikan produk olahan kakao yang berkualitas tinggi dengan pemberdayaan Petani Lokal sehingga kami bisa mengangkat nilai dari suatu produk itu sendiri dan juga kehidupan para Petani Kakao Indonesia pada umumnya.” ujar Juliyus.

Dengan adanya Joglo Coklat maka menambah warna baru sajian kuliner di Desa Putat. Semoga Joglo Coklat dapat berkembang pesat dan lebih dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya sebagai salah satu potensi unggulan desa Putat karena ke depan, yang sedang digarap adalah, Joglo Coklat menjadi destinasi wisata baru dimana pengunjung dapat belajar dari mulai hulu hingga hilir dalam hal pengolahan coklat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT