BULAN DANA PMI TAHUN 2019, TARGET KECAMATAN PATUK 24 JUTA

wahyun 25 April 2019 10:59:43 WIB

Patuk - Bupati Kabupaten Gunungkidul telah mengeluarkan surat keputusan Nomor 69/KPTS/2019 tertanggal 31 Januari 2019 tentang Pemberian Izin Kepada Pengurus Palang Merah Indonesia Cabang Gunungkidul Untuk Menyelenggarakan Pengumpulan Sumbangan dari Masyarakat. Selain itu juga telah dibentuk Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Gunungkidul berdasarkan Keputusan Pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Gunungkidul Nomor 03.A/KEP/PK-PMI/III/2019. Oleh karena itu penggalangan dana PMI telah dimulai sejak tanggal 12 Maret 2019 sampai dengan 31 Agustus 2019. Dana ini nantinya akan digunakan untuk menunjang kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan.

Target Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Gunungkidul dana yang terkumpul sebesar 400 juta. Sedangkan untuk target Kecamatan Patuk sebesar Rp 24.425.000,00. Besar target ini sebanding dengan jumlah KK di Kecamatan Patuk sebanyak 10.683 KK dan ditambah unsur pemerintah desa.

Adapun besaran iuran dana dari setiap unsur masyarakat pedesaan adalah: kepala desa Rp3.000,00 , perangkat desa, staf, dan dukuh besarannya sama yaitu Rp 2.000,00 , serta kepala keluarga sebesar Rp 2.000,00 per kepala keluarga.

Selain berasal dari kepala keluarga dan perangkat pemerintah desa, dana PMI juga bersumber dari unsur lain yaitu diantaranya PNS, anggota TNI POLRI, pengguna kendaraan bermotor, pengunjung objek wisata denggan menggunakan karcis, partai politik, pengusaha dan lain sebagainya. Jadi bisa saja seseorang dikenai iuran PMI dari beberapa kriteria sehingga yang bersangkutan membayar dana PMI lebih dari satu kali. Namun demikian besaran dana yang diberikan tidak akan melebihi Rp 12.000,00. Tentu saja nominal ini masih sangat terjangkau dan masih lebih kecil nilainya dibandingkan untuk kebutuhan yang lain.

Kemanfaatan dari dana PMI sendiri akan kembali kepada masyarakat, seperti untuk penyediaan darah bagi orang-orang yang membutuhkan tambahan darah. Perlu diketahui masyarakat luas bahwa darah yang disediakan oleh PMI gratis, tidak dipungut biaya. Adapun biaya yang dikeluarkan masyarakat adalah untuk kantongnya. Kantong yang digunakan untuk donor darah merupakan kantong sekali pakai yang harganya cukup mahal yaitu sekitar 300 ribuan. Selain itu dana PMI juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan lainnya.

Melihat besarnya kemanfaatan dana PMI, hendaknya semua elemen masyarakat menyambut bulan dana PMI dengan antusias dan bahagia. Karena sedikit materi yang kita berikan ternyata membawa kemanfaatan yang besar bagi mereka saudara kita yang membutuhkan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT