POSBINDU DESA PUTAT

wahyun 12 April 2019 12:14:05 WIB

Putat (SIDA) - Salah satu organisasi pendukung Desa Siaga di Desa Putat adalah Pos Pembinaan Terpadu atau lebih dikenal dengan sebutan Posbindu. Posbindu yang bergerak dibawah araha Puskesmas II Patuk yang bekerja sama dengan Pemeritah Desa Putat merupakan wujud strategi yang dicetuskan Kementrian Kesehatan. Hal ini sebagai upaya menanggulangi Penyakit Tidak Menular (PMT) berbasis masyarakat yang bersifat promotif dan dan proaktif dalam. Kementrian Kesehatan berharap melalui Posbindu ini dapat mendeteksi lebih awal penyakit tidak menular seperti diabetes (penyakit gula), hipertensi (tekanan darah tinggi), obesitas (kegemukan) bahkan penyakit jantung. Sasaran Posbindu adalah masyarakat dengan usia 15-59 tahun.

Desa Putat telah memiliki dua Posbindu yaitu Posbindu Unit Bobung dan Posbindu Unit Putat Wetan. Desa Putat juga memiliki satu unit baru yang sedang dalam tahap persiapan. Secara rutin setiap sebulan sekali para kader Posbindu melakukan pemeriksaan meliputi beberapa aspek yaitu gula darah, asam urat, tekanan darah, tinggi badan, lingkar perut, dan berat badan. Secara berkala kegiatan Posbindu juga mendapat kunjungan dari Puskesmas Patuk.

Kader Posbindu Desa Putat terdiri dari 15 orang. Sebelum terjun ke masyarakat dan melayani masyarakat di bidang kesehatan, para kader ini telah dibekali pelatihan terkait penggunaan alat dan pengorganisasian dalam unit.

Kedepannya, semoga Posbindu desa Putat dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di semua padukuhan yang berjumlah 9 dan masyarakat dapat terlayani dengan baik dan optimal.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT