PELATIHAN JURNALISTIK WARGA, TINGKATKAN PARTISIPASI WARGA DALAM PENGEMBANGAN SID

KALURAHAN PUTAT 04 September 2016 13:44:09 WIB

Putat) Minggu, 4 september 2016 KKN UNY Jalur Pendidikan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Putat mengadakan pelatihan jurnalistik bagi warga. Kegiatan tersebut baru pertamakali diselenggarakan dan bertempat di Balai Desa Putat. Tujuan dari pelatihan jurnalistik tersebut adalah untuk mencari potensi jurnalis dari warga khususnya para pemuda untuk bisa mempromosikan potensi yang terdapat di seluruh Padukuhan di Desa Putat.

Hadir pada kesempatan itu, Gunawan dari Radar Jogja sebagai Narasumber Jurnalis serta Juni Putra Nugraha  (Kabag. Kesra Desa Putat) sebagai Narasumber SID. Selain itu peserta sebanyak 3 (tiga) orang perwakilan dari masing-masing Padukuhan di Desa Putat yang berjumlah 9 (Sembilan) Padukuhan serta KKN UNY Jalur Pendidikan sebagai Penyelenggara.

                Menurut pemaparan Gunawan, Wartawan Radar Jogja “Pada dasarnya semua bisa menulis, namun tidak cukup itu saja, tulisan tersebut bisa dinikmati untuk diambil informasinya oleh banyak orang, terlebih lagi dalam rangka promosi wisata untuk pengembangan wisata.” Gunawan juga menjelaskan tentang tata cara menulis artikel menjadi sebuah berita yang lengkap dan layak untuk diposting ke dalam web desa sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalis yang ada.

                Selain membahas seluk beluk jurnalistik kegiatan ini juga membahas tentang SID (Sistem Informasi Desa) sebagai upaya untuk mengenalkan pada masyarakat tentang akses informasi dari Desa yang memudahkan masyarakat untuk mengetahuinya. “SID bertujuan untuk membentuk Pemerintahan Desa yang transparan, akuntabel dan terbuka bagi masyarakat. Selain itu juga berfungsi sebagai media untuk promosi potensi di Desa baik bidang wisata, perekonomian, produk unggulan dan lainnya.” tutur Juni Putra Nugraha selaku narasumber.

Pada kesempatan itu pula peserta diberikan pelatihan mengenai mekanisme pengolahan berita sebelum diposting ke web desa serta tata cara memposting berita tersebut. Dari pelatihan ini diharapkan setiap Padukuhan ada warga yang bisa menjadi seorang Jurnalis Warga untuk membantu mengembangkan SID yang ada di Desa Putat dengan berpartisipasi aktif dalam menyampaikan informasi dan berita yang ada di wilayah masing-masing, sehingga masyarakat dapat memperoleh lebih banyak informasi. (Alifia-Widya-Febi)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT