Puncak Acara Bersih Dusun Padukuhan Putat II, Panitia Tampilkan Kesenian Anak dan Organ Tunggal

KALURAHAN PUTAT 04 September 2016 02:02:00 WIB

Putat) Sabtu 3 September 2016 pukul 19.30 WIB, Panitia Bersih Dusun Padukuhan Putat II Desa Putat mengadakan pentas seni sebagai acara puncak Bersih Dusun Padukuhan Putat II. Berbagai potensi kesenian dan budaya ditampilkan dalam rangkaian acara adat ini, diantaranya Kenduri Sedekah sebagai wujud syukur atas kemurahan rizki dari Tuhan serta kesenian tarian anak-anak yang ditampilkan pada puncak acara tersebut, dan diakhiri dengan pentas Organ Tunggal dari Grup Narada Entertainment yang dipimpin oleh Gading Handoyo.

       Hadir pada acara tersebut jajaran Muspika, diantaranya Camat Patuk Bp. R. Haryo Ambar Suwardi, S.H., Peltu Parjono mewakili Danramil Patuk, Para Hartadi Babinsa Desa Putat dan Kapolsek Patuk beserta jajaran Kepolisian Polsek Patuk. Hadir pula Juni Putra Nugraha Kabag. Kesra Desa Putat merangkap Pj. Kabag. Pemerintahan Desa Putat yang mewakili Pemerintah Desa Putat, Tumiyo Dukuh Gumawang yang merangkap sebagai Pj. Dukuh Putat II, rekan-rekan dari Pemuda Pancasila Patuk dan hadir pula H. Ngadiyono, S.E. anggota DPRD Kab. Gunungkidul dari Dapil II.

       Dalam sambutannya, Camat Patuk menyampaikan pentingnya melestarikan budaya lokal yang ada serta bangga dengan potensi yang dimiliki. Munculnya Program OVOP (One Village One Product) yang dicanangkan Camat Patuk tersebut telah mendorong munculnya potensi dari masing-masing Desa di Kecamatan Patuk.

       Sedangkan Juni Putra Nugraha dalam sambutannya berharap dengan senantiasa bersyukur atas nikmat dari Tuhan, ke depan kenikmatan dan kemurahan rizki akan ditambah oleh Tuhan, tentunya melimpah dan berkah serta bermanfaat bagi pribadi dan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Juni juga menyampaikan informasi perkembangan pendaftaran Perangkat Desa khususnya Formasi Dukuh Putat II yang masih sedikit. Juni juga mendorong agar warga Putat II untuk bisa andil dalam pengisian Dukuh Putat II kali ini, karena ini adalah kali pertama Pengisian Dukuh dengan ujian atau tes. “Mangga masyarakat Padukuhan Putat II sedayanipun ingkang kagungan krenteg kagem ngabdi dhateng masyarakat, mliginipun kagem Padhukuhan Putat II, enggal-enggal ndherek nyawung wonten ing tahun menika. Amargi dumugi dinten menika, ingkang badhe nyawung nembe kalih piyantun.” Ajakan Juni dengan bahasa jawa dalam sambutannya.

       Bersih Dusun merupakan agenda tahunan di Putat II dan juga padukuhan lain yang ada di Desa Putat. Namun sampai saat ini belum bisa disatukan dan diselenggarakan secara serentak karena ada dua hari yang berbeda, yaitu empat padukuhan pada hari Senin Pon dan lima padukuhan di hari Senin Legi. Tentunya dari ke dua hari tersebut memiliki sejarah yang berbeda sehingga masih cukup sulit untuk menyatukan. Namun ke depan, Pemerintah Desa Putat berharap bahwa agenda ini benar-benar bisa menyatu dengan mencari alternatif hari di luar ke dua hari pasaran jawa tersebut sehingga agenda bersih dusun menjadi lebih semarak.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT