PERDANA, KIRAB BUDAYA DESA PUTAT

Tari 13 September 2018 20:22:00 WIB

Putat (SIDA)Iring-iringan pasukan Kirab Budaya Desa Putat, Kecamatan Patuk menjadi tontonan warga pada Minggu (2/09/2018) siang. Meski terik, namun hembusan angin sepoi membuat para peserta kirab tetap semangat dalam menampilkan pertunjukan terbaik mereka.

Kirab budaya tahun 2018 ini mengusung tema Mewujudkan Masyarakat Bersatu Nguri-uri Tradisi dan Budaya. Berbagai seni pertunjukan ditampilkan, yakni Bergodo, Jatilan, Dolanan Anak,Gejog Lesung dan Reog. Tak hanya itu saja, berbagai potensi tiap padukuhan turut ditunjukkan.

Acara ini berlangsung meriah karena diikuti sekitar 3.500 warga dari 9 padukuhan di Desa Putat. Baik dari elemen masyarakat, pemuda, pepunden, perangkat desa dan juga instansi yang ada turut serta dalam kegiatan ini.

Penonton pun rela berdesak-desakan memadati panggung penjurian di Lapangan Gumawang Desa Putat untuk menyaksikan pertunjukan. Bahkan, salah satu tokoh penting di Patuk, yakni Camat Patuk R. Haryo Ambarsuwardi beserta jajaran muspida turut hadir menonton hiburan masyarakat itu.

"Pendanaannya dari Pemerintah Desa menyuplai Rp 1.5 juta untuk tiap padukuhan, selebihnya swadaya masyarakat," jelas Tumijan selaku Kasi Pelayanan Desa Putat yang juga merangkap panitia.

Kades Putat, Sukardi yang menjadi tuan rumah dan partisipan gelaran kirab budaya menyampaikan bahwa acara ini menjadi konsekuensi bersama, dalam hal ini Desa Putat sebagai desa budaya. Karena menurutnya, wajib hukumnya setiap warga untuk melestarikan kebudayaan warisan dari nenek moyang. 

"Tahun ini istimewa, karena baru kali ini semua padukuhan di Desa Putat ikut berpartisipasi semua. Saya senang semuanya kompak dan gayeng," kata Sukardi.

Ia sangat berharap adanya pagelaran tahunan ini menjadi motivasi semua warga untuk tidak sungkan lagi dalam berbudaya. Pasalnya, menurut dia, banyak sekali potensi baik dari pemuda dan beberapa penghobi seni di Desa Putat yang masih niat dan sampai saat ini menjunjung tinggi budaya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT