Gebyar Batik Dibuka, Istri Paku Alam X Nilai Batik Jogja Kalah dari Gunungkidul

Tari 10 Agustus 2018 10:44:57 WIB

Playen, (gunungkidul.sorot.co)-- Gebyar Batik Gunungkidul 2018 yang bertempat GOR Siyono resmi dibuka, Selasa (17/07/2018) sore. Peresmian ini dilakukan langsung oleh istri Wakil Gubernur DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAY) Adipati Paku Alam X didampingi Bupati Gunungkidul Badingah, dengan cara pemotongan pita.

Dalam pameran tersebut terdapat puluhan stand di dalam dan luar GOR. Stand-stand itu digunakan untuk memfasilitasi para pengrajin batik, kerajinan dan juga makam produk UMKM. Pameran dibuka hanya sampai tanggal 19 Juli 2018.

Menurut Badingah dalam sambutannya, kegiatan gebyar batik ini merupakan media yang efektif untuk mengekspos karya batik tradisional. Selain itu juga menjadi hiburan yang bermanfaat dan berkualitas bagi masyarakat.

 

"Tentu kita berharap kegiatan ini berdampak positif, mendorong citra batik khas Yogyakarta serta menjadi kebanggaan warga DIY sebagai pusat batik yang diakui nasional maupun internasional," imbuhnya.

 

 

Dalam kesempatan tersebut Badingah berpesan kepada pengrajin batik Gunungkidul dan seluruh DIY, bahwa kegiatan pameran karya maupun desain batik ini bisa memicu semangat berkarya, berkreasi, dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas batik tradisional DIY. 

Sementara itu, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAY) Adipati Paku Alam X mengungkapkan bahwa karya batik-batik Gunungkidul sangat luar biasa. Bahkan Kota Jogja dinilai kalah dari segi pewarnaan.

 

"Batik Gunungkidul sudah bagus sekali, sebetulnya Yogjakarta sudah kalah untuk pewarna alamnya. Monggo kita sama sama untuk membuat Gunungkidul menjadi kota batik alami," ungkap dia.

 

Selain keunggulan dari segi pewarnaan, batik Gunungkidul juga mempunyai corak yang bagus menurutnya. Namun sungguh disayangkan walang yang menjadi ciri khas Gunungkidul belum terlalu terangkat.

 

"Selain pewarna alam, coraknya bagus. Yang belum bagus adalah bahwa walang-yang menjadi ciri khas Gunungkidul tidak terlihat dimana mana," terang istri Paku Alam X.

 

Kanjeng Bendara Adipati Paku Alam X turut mengajak masyarakat untuk mengangkat batik khas Gunungkidul dengan memakai batik walang beramai-ramai. Pun kepada para pengrajin batik untuk membuat batik klasik bercorakkan walang.

http://gunungkidul.sorot.co/berita-97078-gebyar-batik-dibuka-istri-paku-alam-x-nilai-batik-jogja-kalah-dari-gunungkidul.html

Dokumen Lampiran : Gebyar Batik Dibuka, Istri Paku Alam X Nilai Batik Jogja Kalah dari Gunungkidul


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT