Wonosari, (gunungkidul.sorot.co)--Tembang macapat berhasil menghipnotis warga Amerika. Ia hadir saat ratusan orang dari berbagai kecamatan melantunkan sebelas sekar dalam gelaran macapat di Bangsal Sewokoprojo, Senin (30/07/2018) malam.

Macapat merupakan salah satu seni kebudayaan asal Yogyakarta yang keberadaannya selalu dinanti-nanti. Bahkan keindahan alunan tembang puisi jawa ini tak hanya diminati warga lokal saja, namun juga hingga mancanegara.

Oleh karenanya, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul menggelar macapat yang dihadiri oleh seorang berkebangsaan Amerika yang mau menggeluti seni bahasa Jawa. Sebanyak 5 orang dari masing-masing kecamatan termasuk anggota paguyuban dan tokoh seni dikirimkan guna menjadi peserta.

 

Bahkan warga negara asing juga ikut datang dan ikut mendendangkan macapat tahun kedua ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Kamtono.

 

 

Dengan menggunakan pakaian adat jawa berupa kebaya dan lurik, mereka berdendang. Penonton pun dibuat antusias dengan penampilan macapat yang menjadi salah satu warisan orisinil nusantara. 

Dalam sekar macapat yang dilagukan, terdapat ajakan, piputur, dan tatanan orang hidup. Jika seseorang mau meresapi, dalam tembang ini berisi harapan bisa melakukan hubungan kepada masyarakat dengan aman dan tentram.

 

"Gelar macapat ini kita laksanakan dalam rangka nguri-uri adat budaya Gunungkidul yang dulu pernah ada," ucap Agus.

http://gunungkidul.sorot.co/berita-97196-bikin-jatuh-hati-bule-ikut-dendangkan-macapat.html