Pemerintah Gelontor Dana Ratusan Juta untuk Festival Kethoprak

Tari 10 Agustus 2018 10:16:52 WIB

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Dana ratusan juta rupiah digelontorkan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan Gunungkidul untuk pelestarian seni budaya Kethoprak di Gunungkidul. Dana yang bersumber dari dana keistimewaan tersebut digunakan untuk memfasilitasi seniman-seniman muda dalam mengembangkan bakatnya dibidang seni khususnya.

Kepala Seksi Seni dan Film, Bidang Adat Seni dan Tradisi, Dinas Kebudayaan Gunungkidul Purnawan Widayanto mengatakan, kurang lebih sebanyak Rp 450 hingga Rp 500 juta uang dikucurkan untuk kegiatan festival kethoprak. Senin (06/08) malam festival yang diikuti oleh 18 kontingen kecamatan beradu laga di Gedung Kesenian Wonosari.

Festival ini akan digelar selama 6 hari. Setiap harinya akan menampilkan 3 cerita atau lakon dari masing-masing kecamatan. Dana yang digelontorkan sebesar itu dianggap wajar, mengingat banyaknya peserta dan uang stimulan dan diberikan. Kemudian pembinaan yang diberikan untuk lebih maju kembali.

 

"Pesertanya dibawah usia 40 tahun. Ini sebagai regenerasi seniman kethoprak di Gunungkidul," ucap Purnawan, Selasa (07/08/2018).

 

 

Menurut dia, antusias kaum muda saat ini begitu baik dalam pengembangan budaya yang ada. Hal itu dilihat dari banyaknya peserta dari masing-masing kontingen meskipun banyak yang berusia 40 tahun, namun untuk usia 20 tahun juga begitu banyak. 

Dana ratusan juta yang dikucurkan pemerintah tersebut digunakan untuk uang stimulan bagi para peserta. Masing-masing mendapat kurang lebih Rp 20 juta. Kemudian untuk keperluan lain dan uang pembinaan bagi masing-masing juara.

 

"Ini juga sebagai seleksi untuk nanti para peserta. Mereka yang menang akan kami adakan pembinaan, kemudian jika ada even di luar baru akan ditampilkan," tambah dia.

 

Kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian budaya bagi generasi mendatang. Sehingga budaya dan tradisi yang ada akan tetap lestari seiring berkembangnya zaman. Budaya dan seni merupakan warisan yang harus dilestarikan sehingga tidak dilupakan begitu saja.

http://gunungkidul.sorot.co/berita-97250-pemerintah-gelontor-dana-ratusan-juta-untuk-festival-kethoprak.html

Dokumen Lampiran : Pemerintah Gelontor Dana Ratusan Juta untuk Festival Kethoprak


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT