Kartu Tani, Apakah Itu?

Tari 09 Agustus 2018 12:42:06 WIB

BERDESA.COM – Perhatian pemerintah pada petani bukan main-main sekarang. Kini meluncur Kartu Tani, sebuah kartu yang hanya bisa dimiliki seorang yang benar-benar petani melalui serangkaian proses verifikasi. Kartu inilah yang bakal dipakai petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Dengan cara ini subsidi pemerintah tak bakal nyasar lagi. Tapi sebenarnya, apa itu kartu tani?

Kartu tani adalah alat transaksi berupa kartu debit sebagaimana kartu ATM yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi. Dari sisi petani kartu ini bakal memudahkan petani mendapatkan saluran pupuk bersubdisi dan berbagai fasilitas kredit usaha rakyat lainnya. Berbeda dengan fasilitas yang pemerintah yang lain yang seringkali berbelok pada sasaran yang lain, kartu tani tak bakal membuat pemerintah salah sasaran lagi karena untuk mendapatkan kartu ini pemerintah sudah melakukan verifikasi data para calon pemegang kartunya.

Kehadiran kartu ini bakal menjadi langlah besar atau akibat keberpihakan pemerintah pada petani. Selama ini petani lebih sering berada pada posisi yang sangat lemah akibat banyaknya pemain dalam bidang pertanian bermodal besar. Pemerintah membuktikan, pemerintah tidak akan meninggalkan petani berjuang sendirian menghadapi segala tantangan. Selama ini para petani  pula yang harus menanggung biaya yang paling besar sekaligus keuntungan paling kecil.

Baca Juga  Kesalahan Administrasi Dana Desa Tak Akan Dipidana

Selama ini para petani berhadapan sendiri dengan para pemain bisnis pertanian yang bermodal besar. Alih-alih mendapatkan keuntungan berlipat, para petani terjebak dalam cengekraman para tengkulakj yang sudah mengakar dalam kehidupan masyarakat desa. Inilah saatnya petani bangkit dan membangun sistem yang adil untuk kepentingan mereka.

Di sisi lain, kartu ini akan memudahkan pemerintah khususnya Kementerian Pertanian dalam hal mengontrol peredaran pupuk di Indonesia. Cara ini dinilai paling praktis dan efisien bagi petani karena sistem transaksinya tidak lagi ribet. Hebatnya, melalui sistem kartu begini pemerintah bisa menjadi lebih mudah mengontrol distribusi pupuk dan proses pertumbuhan tanaman, hasil produksi pertanian yang sedang dijalankan para petani.

Kartu ini juga bakal menjadi kartu ampuh bagi petani untuk mendapatkan kredit bank ke program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan sebagainya. Model  transaksi kartu ini juga termasuk mudah karena bakal mendapatkan layanan khusus.

Beberapa bank yang meluncurkan kartu tani yakni Bank BRI, PT Bank Mandiri dan Bank BNI. Ketiga bank inilah yang memproduksi jutaan kartu yang kini sudah dipegang sebagian besar petani di berbagai wilayah Indonesia. Apakah Anda sudah memegang kartu ini? (ariaji/berdesa)

http://www.berdesa.com/kartu-tani-apakah/

Dokumen Lampiran : Kartu Tani, Apakah Itu?


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT