Kelompok SPP Desa Putat berkunjung ke Purwokerto bersama UPK Kecamatan Patuk

KALURAHAN PUTAT 30 Agustus 2016 09:55:18 WIB

Putat) Jumat, 26 Agustus 2016 sekira pukul 23.30 WIB, 2 (dua) Bus rombongan bertolak dari halaman Kantor BKAD – UPK Kecamatan Patuk menuju ke Purwokerto. Produsen Gethuk Goreng Eka Sari menjadi tujuan kunjungan kali ini. BKAD-UPK Kecamatan Patuk melaksanakan kunjungan tersebut sebagai bentuk pendampingan dan pembelajaran bagi Kelompok Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP) yang selama ini dikelola. Rombongan tersebut terdiri dari unsur BKAD-UPK Kecamatan Patuk, MAD Kecamatan Patuk, Pejabat Kecamatan Patuk dan Ketua Kelompok SPP se-Kecamatan Patuk. Dan salah satunya adalah kelompok SPP yang ada di Desa Putat.

                Dalam kunjungan kali ini, UPK Kecamatan Patuk berupaya mengangkat potensi lokal yang ada di Kecamatan Patuk khususnya dan Kabupaten Gunungkidul pada umumnya, yaitu hasil pertanian Ubi Kayu atau Singkong yang melimpah. “Kenapa Purwokerto bisa eksis dengan Gethuk Goreng sedangkan mereka tidak punya singkong? Mereka harus mendatangkan singkong dari Wonosobo dan sekitarnya. Kenapa kita yang terkenal Kota Gaplek tidak bisa?” ungkap Agus Triyono, ST yang merupakan Ketua UPK Kecamatan Patuk.

                Sebagai penghasil singkong memang benar bahwa nilai jual singkong di Gunungkidul masih rendah. Hal ini karena singkong hanya dijual berupa singkong mentah atau gaplek. Berdasar pada fakta tersebut, UPK Kecamatan Patuk berupaya memberdayakan Kelompok SPP binaannya agar lebih produktif dengan berinovasi memanfaatkan potensi yang ada sebagai sumber peningkatan kesejahteraan.

                Setelah pulang dari kunjungan tersebut, UPK Kecamatan Patuk berharap agar Kelompok SPP segera action untuk menerapkan ilmu yang didapat selama kunjungan. Karena peserta sudah melihat secara langsung tahapan produksi Gethuk Goreng mulai dari penyiapan bahan, pengupasan singkong, pengukusan singkong, penggilingan, pencampuran komposisi singkong dan gula merah, penirisan, penggorengan serta pengemasan. Semakin cepat beraksi maka harapan semakin cepat tercapai. Nilai jual singkong tinggi dan peningkatan kesejahteraan dapat tercapai. (Jun)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT