MANFAAT DAUN SAMBILOTO

Tari 26 Juli 2018 10:22:59 WIB

Sambiloto adalah tanaman yang bisa ditemukan di Thailand, Malaysia dan Indonesia. Sudah sejak dahulu kala daun sambiloto dikenal sebagai salah satu tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ciri-ciri tanaman ini memiliki ketinggian 90 cm dan daunnya cukup banyak. Sambiloto mengandung berbagai macam zat kimiawi seperti andrographon, andrographosterin, homoandrographolide, diterpen lactone, andrographan dan masih banyak lagi.

Berikut Adalah Manfaat Daun Sambiloto

1. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah penyakit yang sangat menyiksa. Pasalnya penyakit ini bisa membuat seseorang sulit makan. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan Daun Sambiloto 10 sampai 15 lembar. Kemudian rebus menggunakan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan ini setelah dingin secara teratur.

2. Membakar Lemak Dalam Tubuh

Daun sambiloto mengandung tanin yang berguna melindungi tubuh dari zat berbahaya dan serangan bakteri. Selain itu, tanin juga bermanfaat dalam meluruhkan lemak tubuh. Sehingga bagi seseorang yang mempunyai tubuh gemuk, maka bisa mencoba diet menggunakan ramuan dari daun sambiloto.

Daun ini mengandung senyawa mustilago yang akan membentuk cairan kental guna melapisi dinding bagian dalam saluran pencernaan. Manfaatnya adalah mampu mencegah peradangan, keasaman dan iritasi. Senyawa ini juga berguna melancarkan sistem pencernaan. Jadi bisa melindungi usus dari pengendapan. Dengan demikian, maka pencernaan akan selalu sehat.

Cara membuat ramuan ini sangat mudah, pertama cucilah daun sambiloto sebanyak 5 lembar. Kemudian rebuslah menggunakan air sebanyak 250 cc sampai mendidih dan hanya tersisa 2 gelas saja. Lalu tuangkan madu sebanyak 1 sendok makan agar rasanya tidak terlalu pahit. Minumlah ramuan ini selagi hangat.

3. Mengobati Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah gejala penyakit jantung dan stroke. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat daun sambiloto ini sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan pada sebuah hasil percobaan farmakologi, air rebusan dari daun ini dapat juga membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

4. Menyembuhkan Malaria

Daun sambiloto ternyata mampu mengobati malaria secara efektif. Cara membuat ramuannya yaitu ambil satu genggam Daun Sambiloto dan cuci sampai benar-benar bersih. Selanjutnya rebuslah menggunakan air sebanyak 4 gelas. Setelah itu biarkan rebusan mendidih dan hanya tersisa dua gelas air saja. Angkat dan saring, lalu minum ramuan ini 3 kali sehari secara teratur.

5. Mengobati Penyakit Diabetes

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang banyak menjangkit orang Indonesia. Namun penyakit ini bisa disembuhkan dengan rajin mengonsumsi Daun Sambiloto.

Cara membuat ramuannya sangatlah mudah. Pertama siapkan Daun Sambiloto satu genggam, kemudian cucilah hingga bersih. Setelah itu rebus daun ini menggunakan 3 gelas air. Rebuslah sampai matang atau mendidih, angkat dan saring. Minumah selagi hangat pada pagi, siang dan malam hari.

6. Menyembuhkan Demam

Demam adalah penyakit yang sering menyerang banyak orang, biasanya karena kelelahan ataupun penyakit lain. Namun jangan khawatir, sebab penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengonsumsi ramuan dari Daun Sambiloto. Cara membuatnya siapkan satu genggam Daun Sambiloto dan cucilah sampai bersih. Jika sudah, tumbuk daun tersebut sampai setengah halus. Tambahkan dengan setengah cangkir air matang, saring dan minumlah airnya.

7. Mengobati Gigitan Nyamuk

Manfaat Daun Sambiloto yang terakhir adalah berguna menghilangkan racun yang ditimbulkan karena gigitan nyamuk. Untuk membuat ramuannya sangat sederhana. Ambillah Daun Sambiloto 1 lembar, kemudian cuci bersih. Kunyahlah daun sambiloto tersebut lalu tempelkan ke bagian kulit yang digigit nyamuk. Biarkan sampai gigitan tersebut tidak gatal lagi.

7 manfaat Daun Sambiloto semoga bisa menjadi referensi yang menambah wawasan Anda. Dengan informasi tadi, Anda tentu bisa lebih paham bahwa daun yang sering kali tumbuh dengan liar ini memiliki banyak sekali manfaat. Semoga bermanfaat.

Sumber : www.manjadda.com

Dokumen Lampiran : Manfaat Daun Sambiloto


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT