WASPADA GELOMBANG TINGGI HINGGA 6 METER DI LAUT SELATAN

22 Juli 2018 12:12:58 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Tinggi gelombang di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berpotensi mencapai 6 meter.

"Berdasarkan pengamatan kami, tinggi gelombang maksimum di Samudra Hindia selatan Jateng-DIY pada hari ini hingga Minggu (8/7/2018) diprakirakan berkisar 4-6 meter," kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Sabtu (7/7/018).

 

Sementara di wilayah perairan atau pantai selatan Jateng-DIY, lanjut dia, tinggi gelombang maksimum diprakirakan berkisar 2,5-4 meter.

Menurut dia, gelombang tinggi tersebut terjadi akibat adanya peningkatan kecepatan angin yang bertiup di atas permukaan laut selatan Jateng-DIY.

"Oleh karena itu, kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga hari Minggu 8 Juli 2018. Peringatan dini gelombang tinggi ini akan kami perbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," katanya seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Teguh mengatakan berdasarkan pantauan satelit cuaca pada hari Kamis 5 Juli 2018, terpantau adanya badai tropis Maria di Samudra Pasifik sebelah timur Filipina, pusat tekanan rendah di Samudra Hindia barat daya Sumatra, dan pusat tekanan tinggi di Samudra Pasifik tenggara Australia.

"Interaksi dari kondisi tersebut memicu terjadinya peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang di selatan Jateng dan DIY," jelasnya.

 

Sumber : https://www.liputan6.com/news/read/3581363/waspada-gelombang-tinggi-hingga-6-meter-di-laut-selatan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT